22 November 2016

Kemana Solar di Bandung?

aLamathuR.com - Sudah hampir sebulan, kendaraan operasional kantor tempat saya kerja mulai susah untuk isi BBM jenis solar. Hampir seluruh SPBU yang ada di kota Bandung sudah beralih ke Dexlite. Masalahnya kebijakan internal kantor masih belum berubah : tidak diperkenankan menggunakan BBM jenis lain kecuali solar!. Apa boleh buat. Inilah waktunya untuk berjuang melobi para pejabat perusahaan.

Sepi pemberitaan
Iseng googling mencari info terkait langkanya Solar di kota Bandung, beritanya sangat minim. Hampir tidak ditemukan publikasi resmi baik dari pihak pertamina (sebagai pemegang kuasa distribusi bbm di negeri ini) maupun dari para pengusaha SPBU terkait peralihan solar ke dexlite ini.

foto pinjem punya viva.co.id
Cukup 50 ribu saja...
Minggu lalu, saya sendiri setidaknya sudah survey on the spot ke lebih dari 12 SPBU di wilayah kota bandung. Hasilnya? sudah tidak ada yang jual solar lagi! semuanya diganti dexlite. Meskipun ada beberapa SPBU yang belum sempat mengganti billboardnya (masih tercantum SOLAR), ternyata sama saja, sudah tidak menjual solar.

Akhir pekan kemarin, driver sempat laporan ke saya bahwa dia berhasil menemukan SPBU yang masih menjual solar. Akhirnya dia mampir. Tapi apa mau di kata, niat mengisi full-tank, ternyata pihak SPBU hanya mengijinkan untuk diisi Rp 50ribu saja per mobil. Whatt??? mana cukup???

Perusahaan pun mulai menghitung
Jika hitung-hitungan diatas kertas, wajar perusahaan masih berpikir ulang untuk merubah kebijakan solar ke dexlite. Lha wong selisih harga jualnya lumayan, selisih hampir Rp 1.500,-/liter. Jika asumsinya per hari mobil harus diisi 20 liter saja, maka selisih yang muncul adalah Rp 30ribu. 

Jika dikalikan 25 hari kerja (1 bulan), maka akan didapat angka Rp 750ribu. 
Jika dikalikan dalam setahun maka akan menjadi Rp 9 juta.
Jika dikalikan dalam lima tahun maka akan menjadi Rp 45 juta.

Dengan diasumsikan satu unit asset kendaraan operasional perusahaan disusutkan selama 5 tahun, maka nilai Rp 45 juta cukup untuk membeli armada sepeda motor tambahan sebanyak 3 unit yang bisa digunakan untuk salesmen motoris. Nah loh... lumayan kan?

Tapi sudahlah, analisa diatas hanya sebuah ilustrasi pengandaian saja. Toh hitungan sebenarnya juga mungkin tidak seperti itu.....
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Aku dan Bahasaku

aLamathuR.com – Setiap pribadi memiliki bahasanya sendiri. Bahasa untuk berkomunikasi. Bahasa untuk berinteraksi. Ataupun bahasa untuk b...